Presiden Andi Gani Perkuat Hubungan Industrial Harmonis saat melakukan Kunjungan Kerja ke PT Fajar Surya Wisesa,

Presiden KSPSI Perkuat Solidaritas Pekerja dalam Kunjungan ke PT Fajar Surya Wisesa
SPSI Bekasi
Bekasi, Brigade SPSI – Sesuai dengan janjinya pada saat acara Sosialisasi Hasil Musda dan Pembangunan PUSDIKLAT KSPSI di Primebiz Hotel pada 17 September 2024, Presiden KSPSI sekaligus Presiden ASEAN Trade Union Council (ATUC), Andi Gani Nena Wea, SH., MH., melakukan kunjungan kerja ke PT Fajar Surya Wisesa, Tbk (FSW) yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis sore, 26 September 2024.

Rombongan tiba di lokasi pada pukul 16.40 WIB dan langsung disambut oleh Roy Teguh, Komisaris PT Fajar Surya Wisesa, Tbk. Dalam pertemuan yang berlangsung akrab, Presiden Andi Gani Nena Wea, SH, MH menyampaikan bahwa Serikat Pekerja PT Fajar Surya Wisesa, Tbk (FSW) akan dinominasikan sebagai salah satu dari lima perusahaan terbaik di Indonesia, dan serikat tersebut akan mendapatkan
 penghargaan atas terwujudnya hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan. Selain itu, Roy Teguh menyinggung peran besar serikat pekerja dalam mendistribusikan bantuan COVID-19 selama pandemi. Dalam kesempatan ini, Usman, Ketua PUK SP KEP SPSI PT FSW, Tbk juga melaporkan bahwa saat ini jumlah anggota serikat pekerja di perusahaan tersebut mencapai 1.980 orang.
Dalam suasana penuh kehangatan, Presiden Andi Gani menawarkan kesempatan bagi Manajemen PT FSW untuk melakukan kunjungan balasan sebagai bentuk mempererat hubungan antara serikat pekerja dan manajemen perusahaan. Ia juga menekankan pentingnya menjaga hubungan industrial yang harmonis, terutama di tengah proses perundingan perjanjian kerja bersama (PKB), yang saat ini diharapkan dapat terbebas dari pengaruh Omnibus Law
Usman juga membahas kepemilikan saham PT Fajar Surya Wisesa, Tbk yang kini sepenuhnya dimiliki oleh pihak Thailand. Di sisi lain, pengurus PUK SP KEP SPSI PT FSW berharap kunjungan ini semakin memperkuat hubungan industrial antara serikat pekerja dan manajemen, serta mendukung kelancaran proses perundingan PKB.
Komarul, salah satu perwakilan Serikat Pekerja PT FSW, menyampaikan bahwa perundingan PKB sedang berjalan dengan baik dan perusahaan selalu berkomitmen mengikuti aturan ketenagakerjaan yang berlaku. Ia juga menegaskan bahwa hubungan industrial di PT FSW telah terjalin dengan sangat harmonis.
Dalam acara tersebut, Presiden Andi Gani menyebutkan bahwa KSPSI akan mengirim salah satu pengurus serikat pekerja PT FSW ke Malaysia untuk mengikuti program pendidikan sebagai bentuk penghargaan. Ia juga menyinggung pentingnya media internal PT Fajar agar lebih aktif dalam mendukung aktivitas serikat pekerja.
Selain itu, Andi Gani menekankan bahwa pembangunan PUSDIKLAT KSPSI, yang saat ini membutuhkan biaya sebesar Rp13,2 miliar, merupakan proyek bersama yang didanai oleh kontribusi anggota. Dalam hal ini, PUK SP KEP SPSI PT Fajar Surya Wisesa, Tbk, telah memberikan kontribusi sebesar Rp100 juta
Pada sesi diskusi, muncul pertanyaan mengenai perlunya formula pengupahan yang lebih berkeadilan di Indonesia. Presiden Andi Gani menyambut baik usulan tersebut dan berjanji akan menyampaikannya kepada pemerintah. Ia juga menyampaikan rencana KSPSI untuk melakukan aksi besar-besaran bersama konfederasi lain dalam waktu dekat, dan berharap agar para anggota serikat pekerja dapat berpartisipasi dalam perjuangan tersebut.
“Meski tantangan semakin berat, KSPSI tetap menjadi konfederasi terbesar di Indonesia, dan kami berharap dapat menggabungkan kekuatan serikat pekerja demi memperjuangkan hak-hak buruh di seluruh negeri,” ujar Andi Gani.
Acara kunjungan kerja di PT Fajar Surya Wisesa, Tbk diakhiri pada pukul 18.00 WIB dengan sesi foto bersama antara Presiden KSPSI, Andi Gani Nena Wea, rombongan, dan Pengurus serikat pekerja. Setelah itu, Presiden Andi Gani melanjutkan kunjungan ke sekretariat PUK SP KEP SPSI PT Fajar Surya Wisesa, Tbk untuk melihat kesekretariatan serikat pekerja sebelum melanjutkan agenda kunjungan kerjanya ke PT Mattel Indonesia yang terletak di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang Utara, Bekasi.
Sumber Her-spsibekasi.org

2 Comments

Previous Post Next Post